Technopreneurship merupakan sebuah
istilah wirausaha yang dikhususkan bagi wirausahawan yang bergerak di bidang
teknologi informasi. Bill Gates (Microsoft), Steve Jobs (Apple), Sergey Brin
& Larry Page (Google), Mark Zuckenberg (Facebook), Jack Dorsey (Twitter),
serta Kevin Systorm (Instagram) ialah beberapa contoh wirausahawan yang bergerak
di dunia teknologi informasi.
Proses Mencari Informasi Peluang Usaha
Informasi sangat penting dalam mencari
peluang-peluang yang ingin kita ketahui sebagai wahana keterbukaan kita kepada
bermacam-macam berita yang ada di lingkungan kita. Banyak informasi yang sering
terabaikan, hal ini disebabkan oleh kekurangmampuan kita dalam mengenali dan
menggali peluang-peluang yang ada. Banyak sumber untuk memperoleh informasi,
dari mulai media cetak sampai pada media elektronik.
Semakin lengkap sumber-sumber informasi
yang ada tentu semakin mempermudah kita untuk memperoleh informasi mengenai
peluang berbisnis. Kecanggihan teknolgi dan sumber informasi yang banyak sebagi
contoh: majalah, Koran, televise, brosur, pamphlet, baliho, buku, internet,
radio, dan lain-lain. Media-media informasi itu harus kita manfaatkan secara
maksimal agar timbal balik manfaat yang ada mengarah kepada kita sebagai
pencari informasi terutama informasi peluang bisnis.
Berikut beberapa tips dalam mencari informasi peluang bisnis
:
- Kenali Diri Anda
- Peluang yang dapat diraih
- Kebutuhan dan keinginan konsumen
- Lingkungan yang dihadapi
- Situasi persaingan
- Dukungan dan trend kebijakan pemerintah
Tahapan – tahapan yang dilakukan dalam proses pengembangan
usaha yaitu :
- Ide Usaha
- Kelayakan (business plan)
- Implementasi (business process)
- Prestasi
Ide usaha dapat diperoleh dari berbagai
sumber diantaranya :
- Berdasarkan hobi
- Berdasarkan keahlian ( contoh : latar belakang pendidikan)
- Merupakan usaha warisan
- Membuat inovasi baru
- Menyesuaikan dengan kebutuhan sekitar
Terdapat beberapa faktor utama yang
harus dipertimbangkan sebelum memulai usaha , yaitu :
- Faktor kelayakan pasar
- Faktor kesukaan
- Faktor keahlian atau familiaritas
- Faktor dana
- Faktor bahan baku
- Faktor sumber daya manusia dan teknologi
- Faktor kepribadian
Perkembangan Bisnis TI Dunia
Mungkin setiap orang saat ini sangat
bergantung sekali kepada komputer, keberadaan komputer saat ini bukan lagi
merupakan barang mewah, Alat ini sudah digunakan di berbagai bidang pekerjaan,
termasuk dalam dunia pendidikan.
Pengenalan Teknologi Informasi dan
Komunikasi (TIK), diharapkan dapat membuat perubahan pesat dalam kehidupan yang
mengalami penambahan dan perubahan dalam penggunaan beragam produk TIK. Melalui perangkat Teknologi Informasi
dan Komunikasi, kita bisa mencari, mengeksplorasi, menganalisis, dan saling
tukar informasi secara efisien dan efektif.
TIK akan memudahkan kita, mendapatkan
ide dengan cepat dan bertukar pengalaman dari berbagai kalangan. Mulai dari
anak-anak hingga dewasa, wanita pun begitu, sekarang, tidak sedikit negara yang
menyerahkan teknologi informasi dan komunikasi kepada wanita, wanita dinilai
lebih cekatan dalam mengembagkan bisnis di bidang TIK.
Dengan demikian, diharapkan dapat
mengembangkan sikap inisiatif dan kemampuan belajar mandiri, sehingga kita
dapat memutuskan dan mempertimbangkan sendiri kapan dan dimana penggunaan TIK
secara tepat dan optimal, termasuk implikasinya saat ini dan di masa yang akan
datang.
Teknologi Informasi dan Komunikasi
mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi.
Teknologi Informasi, meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses,
penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi.
Sumber Referensi :
0 komentar :
Posting Komentar